Blog ini telah mengalami perubahan besar. Jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari di sini, maka silahkan Anda mencarinya di www.RumahCahaya.com

Tips Singkat Desain Grafis

27 Juni 2008

Tips singkat ini adalah cara cepat untuk bisa membuat suatu hasil dari desain grafis. Tapi walaupun disampaikan dengan sangat sederhana, mudah-mudahan bisa membuka jalan, dan menjadi titian anak tangga pertama bagi seseorang untuk melangkah menjadi seorang desainer grafis yang profesional.

Karena latar belakang saya berhubungan erat dengan percetakkan, maka bahasannya akan mengarah ke sana, tapi jika seseorang telah mengerti dan memahami, serta bisa mempraktekkan, maka untuk mempelajari desain-desain lain seperti desain tekstil dan sebagainya akan lebih mudah.

Peralatan yang diperlukan:

Seperangkat komputer. Dianjurkan, minimal dengan Processor Intel Pentium 3 dan memory 256 MB.

Windows XP sebagai Operating Systemnya.

Software pendukung, Corel Draw Graphic Suite 7,8,......12, Corel x3 dsb. yang telah terinstal. Pokoknya harus kompatibel dengan kemampuan komputernya, supaya ringan di waktu mengerjakan suatu desain.

Buku yang berjudul mengenai cara desain dengan Corel draw.

Langkah-langkah Desain:

Siapkan contoh jadi suatu desain, dari yang sederhana saja dulu, misalnya kartu nama, undangan yang desainnya sederhana, dsb.

Buka aplikasi Corel Draw Anda >> Pilih halaman baru >> lihat contoh desain jadi >> kalau di contoh kartu nama atau undangan ada gambar kotak, cari toolbar yang ada gambar kotaknya (Rectangle Tool), kalau ada gambar lingkaran atau tulisan, cari toolbar yang ada gambar lingkaran (Ellipse Tool) dan tulisan (Text Tool) juga, dan seterusnya, pokoknya diotak-atik saja tuh toolbar-toolbar dan aneka menu di Corel Draw >> tetapi jika tidak bisa menemukan sendiri, cari sebentar di buku panduan yang telah disiapkan lalu kembali lagi ke komputer ngotak-ngatik lagi, pokoknya belajar sambil praktek.

Saya belajar desain menggunakan Corel Draw dengan cara seperti tersebut di atas, begitu ada pesanan barang-barang cetakan dari konsumen, walaupun belum tahu cara bikin desainnya, saya tidak menyerahkan pembuatan desainnya kepada orang lain yang sudah ahli dalam mendesain, tapi saya pelajari desainnya sambil langsung praktek seperti tips tersebut di atas, dan ternyata hasilnya lebih cepat difahami dan dikuasai.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Desainer grafis juga berpeluang untuk bisa berpenghasilan besar dan bisa usaha mandiri lho.. Mau Tau..? Baca Selengkapnya..

4 komentar:

Ihsan1001 22 Juli 2008 pukul 09.33  

wah bagus kang, boleh dicoba tuh...

Findri 11 Agustus 2008 pukul 15.26  

Blog Kang Cepi ne kayaknya emang gw banget deh!
Hobi saya memang nguyek depan komputer sambil belajar desain pakai CorelDRAW, buku panduannya juga punya!
Belajar desain grafis memang asyik,,duhh jadi ga sabar pengen cepet kuliah ne Kang, kebetulan saya ambil jurusan DKV!

Anonim 20 September 2008 pukul 11.14  

ada contoh latihannya tak?

Anonim 27 September 2008 pukul 09.58  

siiipppp....
hidup dicen grafis indonesia !!!!

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP