Blog ini telah mengalami perubahan besar. Jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari di sini, maka silahkan Anda mencarinya di www.RumahCahaya.com

Mungkinkah.. Akses Internet Gratis, Jangkauan Luas dan Berkecepatan Tinggi?

06 Februari 2009


Wah...kapan ya, di negara kita tercinta ini ada akses internet gratis, jangkauannya luas, dan berkecepatan tinggi lagi?

Tetapi bukan tidak mungkin kan?

Coba kita perhatikan, sekarang ini.. selain adanya layanan akses internet gratis melalui hotspot yang sudah banyak dan bisa kita nikmati di mall-mall atau cafe-cafe di perkotaan, ternyata PT telekomunikasi Indonesia (TELKOM) juga, kabarnya telah menyediakan sarana akses internet gratis melalui hotspot tersebut di tempat-tempat umum seperti di alun-alun yang ada di beberapa perkotaan.

Walaupun akses internet gratis tersebut baru bisa kita nikmati dari jarak yang tidak terlalu jauh/luas karena perangkat aksesnya baru menggunakan WiFi, tetapi bukan tidak mungkin akses internet gratis dengan jangkauan yang sangat luas pun akan bisa kita nikmati dalam beberapa waktu yang tidak akan lama lagi. Alasannya, karena sebenarnya telah perkembangan teknologi yang menyerupai WiFi, yang bernama WiMax.

WiMAX merupakan sistem komunikasi nirkabel digital, juga dikenal sebagai IEEE 802,16, yang dimaksudkan untuk wireless "metropolitan Area Network". WiMAX dapat memberikan akses broadband nirkabel (BWA) sampai 30 mil (50 km) untuk stasiun tetap, dan 3 - 10 mil (5 - 15 km) untuk mobile stasiun. Sebaliknya, WiFi/802.11 merupakan jaringan area lokal nirkabel standar terbatas, yang umumnya hanya memberikan akses sekitar 100 - 300 kaki (30 - 100m), walaupun dengan beberapa trik dan modifikasi tertentu, WiFi bisa diakses sampai jarak 3-5 kilometer-an. Hal ini membuat WiMax memiliki kehandalan dan kualitas pelayanan yang lebih baik dibandingkan WiFi.

WiMAX dapat digunakan untuk jaringan nirkabel seperti pada WiFi. WiMAX adalah generasi terbaru yang memungkinkan untuk menggunakan bandwidth yang lebih efisien, menghindari gangguan, dan ditujukan agar data harga lebih tinggi lagi jarak.

WiMax pun mempunyai beberapa keuntungan yang lain, baik bagi operator dan penyedia layanan jaringan maupun bagi para pengguna. Keuntungan ini siantaranya seperti layanan broadband di perumahan, layanan jaringan di daerah terpencil, dsb.

Di negara tercinta kita... Indonesia, WiMax belum banyak dikenal masyarakat, mengingat masih belum meluasnya implementasi teknologi tersebut. Namun di luar negeri, Wimax mulai dilirik sebagai pengganti kabel telepon untuk menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi, khususnya di daerah-daerah yang luas dan jauh tersebar seperti di pedesaan atau perkotaan.

Nah... sekali lagi, bukan tidak mungkin kan... layanan akses internet gratis dengan jangkauan luas dan berkecepatan tinggi tersebut ada di Indonesia, sehingga kita bisa menikmatinya dari jarak yang cukup jauh?

Yaa... memang bisa jadi WiMax masih begitu asing di telinga kita, dan mungkin untuk saat sekarang harganya masih sangat mahal, tetapi di waktu-waktu yang akan datang... bisa jadi harapan kita tersebut akan terwujud, karena kita sekarang telah menikmati akses-akses internet gratis yang sudah mulai tersebar, walaupun baru melalui hotspot dengan WiFi-nya.


Artikel Terkait:


0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP