Blog ini telah mengalami perubahan besar. Jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari di sini, maka silahkan Anda mencarinya di www.RumahCahaya.com

Mengatasi Masalah koneksi Pada Telkomsel Flash Unlimited

26 Juli 2008

Kenapa ya Telkomsel Flash unlimited saya bermasalah? Padahal pada saat koneksi/dial lancar-lancar saja, tapi pas buka halaman URL atau situs, cuma terbuka sebentar, malah sering tidak terbuka sama sekali. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Mungkin itulah yang sering menjadi persoalan serta pertanyaan bagi para pengguna internet yang menggunakan jasa dan layanan Telkomsel Flash Unlimited sebagai media untuk mengaksesnya.

Kenapa pertanyaan itu sering diajukan, baik ke forum-forum yang membahas masalah akses internet atau langsung ditanyakan kepada Costumer Service dari penyedia layanan tersebut (Telkomsel) ?

Sebabnya adalah karena memang masalah koneksi tersebut sering dialami para pengguna layanan internet dari Telkomsel Flash Unlimited termasuk saya sendiri.

Jadi cara mengatasinya bagaimana?

Nah.. sebelum saya tuliskan bagaimana cara mengatasinya, maka saya akan cerita terlebih dahulu mengenai pengalaman saya dan isteri menggunakan Telkomsel Flash Unlimited.

Pada tanggal 11 Juni 2008, Telkomsel Flash kami mulai aktif.

Sampai pada tanggal 16 bulan Juli 2008, koneksinya " selalu lancar " tidak pernah ada gangguan, walaupun saya hanya bisa mengakses dengan kecepatan GPRS, karena di daerah tempat saya tinggal belum masuk 3G (UMTS) atau 3,5G (HSDPA) dan dengan sinyal yang tidak terlalu bagus pula.

Besok harinya tanggal 17 Juli 2008 pagi hari setelah Shubuh sampai beberapa jam kemudian, masalah pun mulai timbul. Kami tidak bisa dial/koneksi internet dari PC, maupun note book/laptop yang biasa kami gunakan.

Karena saat itu saya ada keperluan ke pusat kota, maka di tengah perjalanan di sebuah daerah yang sudah sangat jauh dari tempat tinggal kami, saya mencoba mengaksesnya lewat handphone, tetapi masalah tetap saja sama seperti sebelumnya, padahal biasanya handphone tersebut juga kadang dijadikan untuk mengaksesnya dan handphone tersebut juga digunakan sebagai modem untuk koneksi internet dari PC atau note book.

Segera saya hubungi operator di nomor telepon bebas pulsanya 111. Dan setelah terhubung dengan layanan pelanggan/Customer Service (CS), saya adukan keluhan tersebut, dan ia bilang kira-kira seperti ini " APN yang Bapak pakai selama ini adalah internet, sekarang coba Bapak ganti APN-nya dengan telkomsel, karena telkomsel Flash Unlimited selain dengan internet, APN-nya juga bisa menggunakan telkomsel " katanya.

Setelah tiba di tempat tujuan, maka saya ubah APN internet tadi dengan telkomsel, lalu saya coba akses internet dari handphone.. dan benar saja, ternyata akses internet bisa berhasil dengan baik.

Dan sepulangnya ke rumah, saya dan isteri coba di komputer maupun di note book... baik dial/koneksi, ataupun membuka URL atau halaman situs dapat berjalan dengan baik pula.

Tapi besok harinya, masalah baru muncul lagi.

Koneksi/dial, baik itu dilakukan dari PC, note book atau handphone selalu berhasil/sukses. Tapi untuk membuka URL atau halaman situs hanya bisa sebentar, malah sering tidak bisa dibuka sama sekali. Atau kadang hanya bisa membuka sebagian halaman URL, tidak bisa membuka alamat-alamat atau halaman-halaman URL yang lainnya. Malah yang lebih aneh lagi adalah, ada sebuah alamat URL/situs yang biasanya sangat lambat untuk dibuka, pada saat itu bisa dibuka dengan cepat, dan halaman URL yang biasanya cepat terbuka, malahan tidak terbuka sama sekali.

Akhirnya saya telepon lagi ke CS telkomsel, katanya " Coba saja Bapak kembalikan lagi APN-nya ke internet lagi " Saya bilang " telah saya coba bolak-balik mengganti, tapi masalah tetap sama " dan akhirnya ia katakan " masalah yang pertama kemarin adalah kerena begitu banyaknya pelanggan baru, sehingga beban quota bandwitch terlalu besar, tapi sudah kami atasi dengan menambahnya " katanya. " Dan untuk keluhan masalah yang Bapak hadapi sekarang, teknisi kami akan mengecek dan memperbaikinya, Bapak tunggu saja sampai 4 hari kerja, dan jika masalah tetap sama, maka silakan Bapak hubungi kami lagi" tambahnya.

Mungkin bisa dibayangkan, bagaimana jengkelnya kami saat itu. Padahal kami baru saja menikmati akses yang tidak terlalu mahal serta unlimited, dan kami pun mempunyai pekerjaan baru di internet, yaitu mulai belajar menjadi internet marketer, dimana recehan-recehan kecil dari adsense pun mulai kami kumpulkan.

Dan setelah 4 hari kerja lewat pun masalah tetap ada, tapi saya tidak menelponnya lagi karena mungkin percuma saja, kecuali jika fasilitas layanannya memang benar-benar ditambah. Atau kalau bisa, beban pada BTS untuk keperluan internet dan untuk keperluan telepon/sms dipisah, supaya beban pemakaian tidak saling berebut (pandangan saya sebagai orang awam atas masalah tersebut, entah benar atau tidak).

Lagi pula saya tidak menelpon lagi, karena setelah saya mempelajari tentang alamat IP Address di forum-forum, saya pun sementara bisa mengatasi masalah pada akses internet tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut:

Setelah saya mengetahui dari forum-forum, bahwa untuk Telkomsel Flash IP Adrress yang dipergunakan adalah IP Address dinamik, artinya jika kita mencoba memutuskan koneksi dari koneksi sebelumnya, lalu mendial/mengkoneksikan lagi ke internet, maka IP Addressnya akan berubah.

Dan setelah saya pantau dari pelacak IP Address, ternyata memang benar IP Address berubah-ubah tiap mengulangi dial/koneksi. Tapi... setelah saya perhatikan, itu terjadi hanya jika APN-nya internet, sedangkan jika APN yang digunakan adalah telkomsel, maka IP addess perubahannya sangat jarang.

Akhirnya saya pun berfikir, kalau tenyata Telkomsel Flash saya bermasalah dengan APN internet, maka saya akan mencoba memutuskan dial/koneksi tersebut, dan akan coba dial/koneksikan lagi dengan menggunakan APN telkomsel atau internet lagi. Tapi bila masalah masih sama, berarti yang APN telkomsel yang harus ditinggalkan dulu karena IP Addressnya jarang berubah, dan harus mengulang-ulang menggunakan APN internet karena IP Addressnya selalu berubah-ubah.

Dan dari buah fikiran tersebut, akhirnya jika masalah datang, saya mencoba cara di atas dan akhirnya selalu berhasil.

Bila di atas saya mengatakan pernah membolak-balik APN dan tidak berhasil, itu mungkin karena saya tidak terus mencobanya, padahal kalau terus mencoba, saya bisa berhasil.. Tidak lama kok... kadang begitu disconnect dan di connect/dial lagi masalah hilang. Dan jika masih ada, di coba cara tersebut 2 kali hingga lebih, dan biasanya menurut pengalaman saya selalu berhasil.

Bagi Anda yang berlangganan Telkomsel Flash juga, apakah punya masalah seperti saya dan teman-teman kita yang lain atau lancar-lancar saja...? Apakah cara ini sudah berhasil bagi yang punya masalah serupa? Atau jika belum mencoba, silakan coba cara tersebut di atas...!

Semoga bermanfaat...!

Catatan: tulisan di atas belum tentu 100 % kebenarannya, karena itu hanya dari pengalaman saya sebagai pengguna. Sedangkan masalah teknis adalah bukan keahlian saya.. dan tulisan di atas bisa jadi banyak juga kekeliruannya...


(ikut saya ke Rumah Cahaya yuuk...!!!)

5 komentar:

IyanSaja 4 Agustus 2008 pukul 10.12  

masalah yang Anda alami memang sudah tidak asing lagi..

bagi pengguna APN internet, maka IP akan selalu berubah2 dan tidak tetap..

bagi pengguna APN telkomsel, selalu mendapatkan IP yang bisa dikatakan hampir static, tapi memang sebenernya seh static.. tergantung dari IP lokal (tidak static tapi dinamis)yang diberikan oleh Telkomsel, yaitu IP yang berawalan 10.???.???.???

bagi pengguna APN flash, IP-nya juga dinamis, dan IP-nya pun sama dengan APN internet. tapi karena ada pembatasan dari Telkomsel, maka IP untuk APN flash dan internet sekarang berbeda..

sekarang coba perhatikan pada saat Anda melakukan koneksi...

pada saat menggunakan APN internet, IP akan berawalan 114.xxx.yyy.zzz (yang berubah selalu dari yyy.zzz)

pada saat menggunakan APN telkomsel, IP akan selalu berawalan 10.xxx.yyy.zzz (yang selalu berubah adalah yyy.zzz, tapi apabila xxx ikut berubah, maka IP Anda untuk internet Anda juga akan berubah)

pada saat menggunakan APN flash, IP akan selalu berawalan 221.xxx.yyy.zzz (yang selalu berubah adalah yyy.zzz)

dan, apabila Anda menggunakan APN internet dan ternyata yang keluar adalah IP 221.xxx.yyy.zzz, itu adalah keberuntungan Anda dan hal ini sudah sangat jarang terjadi, mungkin saja sekarang sudah tidak mungkin terjadi.

keberuntungan yang saya maksud adalah ........

Cepi Nugraha 4 Agustus 2008 pukul 12.54  

Untuk IyanSaja Terima kasih atas seluruh informasinya. Untuk saat ini, jika APN internet, memang sering IP addressnya di awali dg angka 1xx. dan jika diawali dg 2xx. itu memang jarang. Dan di tempat saya tinggal, untuk APN telkomsel IP addressnya selalu berawalan 2xx. tetapi "dinamisnya" masih jarang terjadi. Entahlah lain waktu ya..?

Anonim 17 Oktober 2008 pukul 10.18  

terima kasih infonya,kang. saya juga mengalami hal yg sama. kebetulan saya baru sekitar 6 bulan menggunakan sarana ini. dan sangat membantu. saya berdomisili di kabupaten nagekeo (provinsi ntt), dimana satu-satunya akses komunikasi cepat hanya melalui internet.jaringan telkom belum masuk, sehingga faximile sdh pasti tidak tersedia. saya bersyukur dengan adanya telkomsel flash bisa membantu kelancaran urusan pekerjaan dan pribadi.namun, benar apa yg dialami akang, saya juga mengalami. saking emosinya saya hampir saja membanting alatnya....tapi kemudian, saya pun berpikir, mungkin karena bts telkomsel di kab.nagekeo baru satu unit, tidak sebanding dengan pengguna hp.(apa ada pengaruhnya ya, kang????) untuk pengguna telkomsel flash di nagekeo, terus terang yang rutin menggunakan cuma saya dan saudara saya.yang laen belum pada tau (atau bisa juga karena gatek....maklum kota kecil)..

btw, skali lagi terima kasih

Anonim 18 Oktober 2008 pukul 01.38  

terima kasih kembali buat mas yang dari Nagekeo NTT

Anonim 24 November 2008 pukul 12.10  

KABAR GEMBIRA UTK PELANGGAN INTERNET TELKOMSEL PAKET UNLIMITED

Apakah koneksi internet telkomsel unlimited dengan jaringan 3G selalu
terputus - putus atau selalu disconnect ? Jika menggunakan jaringan GPRS ok saja.Jika ya...
saya sudah tahu rahasia caranya. Tidak gratis.Hanya Rp 50.000 kurang
lebih 15 menit akses internet sudah kembali normal.Bukan
penipuan.Garansi uang kembali. (Hanya berlaku utk kartu hallo paket
internet unlimited.Tidak berlaku utk kartu as , kartu simpati dsb). Yg
berminat sms ya: 0852 7226 8218

Terima kasih banyak rekan-rekan yang telah order rahasia saya.

Thank you.

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP